Beranda Daerah Pemerintah Kabupaten Pesawaran Menerima Ribuan Vaksin Covid-19 Dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Pemerintah Kabupaten Pesawaran Menerima Ribuan Vaksin Covid-19 Dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

337
BERBAGI

Pesawaran (Radar News.Id): Pemerintah Kabupaten Pesawaran Telah Menerima vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Lampung dan dari pantauan Media dilapangan vaksin tersebut diangkut menggunakan truk box dengan nomor polisi BE 9904 BZ, serta dengan pengawalan yang ketat dari anggota Polda Lampung, Brimob dan Polres Pesawaran, Kamis (21-01-2021).

Saat dimintai Keterangan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Instalasi Farmasi Provinsi Lampung Aris Aviantono Meyampai kan, Untuk pendistribusian vaksin ini akan dilakukan secara bertahap.

“Dan , ini merupakan distribusi kita yang pertamakali untuk di Kabupaten Pesawaran, Sebanyak 2.640 dosis vaksin yang kita distribusikan kesini, jadi untuk distribusinya memang secara bertahap karena ruang gudang juga tidak cukup, dan itu instruksi dari Kementerian Kesehatan bukan kami yang atur, kita hanya melakukan distribusinya saja” Ucap nya, di Dinas Kesehatan Pesawaran.

Tambah nya, jumlah vaksin yang didistribusikan ini, memang belum memenuhi kebutuhan yang diusulkan oleh Pemkab Pesawaran, namun, ada beberapa kategori masyarakat yang menjadi prioritas penyuntikan vaksin tersebut dan Tadinya memang mau kita dropping pada tahap kedua sekaligus,

Tapi karena kebutuhan kita prioritaskan untuk segera dikirimkan ke Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus, dan yang pertama mendapatkan vaksin ini kita fokuskan untuk tenaga kesehatan dan beberapa pejabat forkopimda, Jelas.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa menuturkan akan segera melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait guna melakukan vaksinasi di Kabupaten Pesawaran. “Besok kita akan rapatkan dulu, bagaimana teknis pendistribusian vaksin tersebut kepada Puskesmas secara serentak, nanti setelah sudah sampai difaskes-faskes yang kita miliki baru akan kita jadwalkan untuk mulai melakukan vaksinasi secara serentak,” tutur dia.

“Apalagi kita sudah melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang kita miliki, jadi Puskesmas itu sudah ada data dan sasaran tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin, jadi begitu kita distribusi Naked ini sudah siap untuk divaksin,” timpal dia.

Ia pun mengakui bahwa, rencananya vaksinasi di Kabupaten Pesawaran akan selesai pada tahun ini (2021). “jumlah usulan yang akan mendapatkan vaksin itu kurang lebih sebanyak 243 ribu orang, tapi akan dilakukan secara bertahap, dan pada tahap pertama ini kita mendapatkan vaksin sebanyak 2.640 dosis, dimana tahap pertama akan diberikan kepada Nakes yang kita usulkan sebanyak 1.320 orang dan sejumlah forkopimda Kabupaten Pesawaran,” ucap dia.

“Saya berharap vaksin ini bisa bermanfaat kepada masyarakat, dan mudah-mudahan bisa membantu kita untuk mengurangi dampak Covid-19,” tutup dia.

Diketahui Pemprov Lampung telah mendistribusikan 2.640 dosis vaksin, ADS 0,5 ml 2.640 pieces, safety boks 50 buah dan alkohol Swab 2700 lembar. (RU)

Dengan Kedatangan Vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Pesawaran dengan Pengawalan ketat, dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Drg. Yasmin disaksikan oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Pesawaran, di kantor Dinkes Pesawaran.

(Deva)