Beranda Daerah Upacara HUT RI Ke-76 Presiden Joko Widodo Pakai Pakaian Adat Lampung

Upacara HUT RI Ke-76 Presiden Joko Widodo Pakai Pakaian Adat Lampung

342
BERBAGI

JAKARTA, (Radar News.id)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat saat memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/08/2021).

Ini merupakan tahun ke-5, Jokowi mengenakan baju adat yang berbeda setiap tahunnya saat upacara pengibaran bendera di Istana Negara dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Tahun ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Pepadun berasal dari Provinsi Lampung. Pakaian itu didominasi warna merah, putih dan emas. Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Gaya busana Jokowi juga dilengkapi dengan sarung tumpal, kain khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Ibu Negara Iriana juga tampak anggun mendampingi Jokowi dengan memakai busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket.

(Rls/red).