Beranda Daerah Respon Cepat PemKab PALI Atas Tuntutan Pemasangan Jaringan Listrik Oleh Demontran Desa...

Respon Cepat PemKab PALI Atas Tuntutan Pemasangan Jaringan Listrik Oleh Demontran Desa Prambatan

311
BERBAGI

PALI,(Radarnews.id)-aksi unjuk rasa damai Puluhan orang dari Kampung IV Talang Jawa, Desa Prambatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendatangi Kantor Bupati PALI di KM 10, Selasa, 15 Maret 2022 untuk menagi janji Bupati saat berkampanye menjanjikan untuk mengaliri listrik.

Aksi demonstran warga Prambatan tersebut mendapat pengawalan ketat oleh aparat keamanan dari Polres PALI dan Satpol PP.

Koordinator aksi, Rahman yang di dapingi Amirudin Mantan kepala Desa Prambatan dalam orasinya meminta Pemkab PALI dapat merealisasikan janji Bupati untuk mengaliri jaringan listrik di Kampung IV Desa Prambatan.

“Kedatangan kami adalah untuk menagi janji kepada Bupati PALI agar merealisasikan pemasangan jaringan listrik,” ujar koordinator aksi yang merupakan dari LSM Pengawal Merah Putih.

Pemkab PALI merespon cepat dengan mengajak perwakilan masyarakat untuk duduk bersama memecahkan permasalahan tersebut. Ada sejumlah pejabat di PALI yang mengajak perwakilan masyarakat berdiskusi, salah satunya, Asisten I H Andre dan Kepala Dinas Perkim, Ahmad Hidayat.

“Sebenarnya sejak tahun 2021 Pemkab PALI telah mengusulkan pemasangan jaringan listrik ke PLN. Bahkan usulan itu direspon pak Gubernur,” ujar Ahmad Hidayat.

Diperkuat juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, H Andre, yang menyatakan bahwa pemerintah PALI melalui pihak PU dan PLN telah setuju untuk pemasangan jaringan listrik.

“Paling lambat akhir tahun 2022 listrik sudah menyala di wilayah dusun IV Desa Prambatan. Sesuai berita acara yang telah disepakati saat mediasi. Untuk panjang jaringan lebih kurang 14 kilometer dan mudah-mudahan ini bisa terealisasi sesuai rencana agar masalah ini cepat selesai,” harapnya.

Sementara itu, Rahman, koordinator aksi didampingi Amirudin mengaku bahwa permasalahan itu ditanggapi Pemkab PALI dan PLN yang berjanji akhir tahun ini listrik menyala.

“Kalau masih belum terealisasi hingga akhir tahun ini sesuai berita acara, maka kami akan mengerahkan masa lebih banyak lagi untuk mengadakan aksi demo,” ungkap Rahman.

(sb)