Beranda Daerah Bupati Tegal Lepas Kontingen Pramuka Peserta Rainas ke-12

Bupati Tegal Lepas Kontingen Pramuka Peserta Rainas ke-12

300
BERBAGI

Slawi, (radarnews.id) – Bupati Tegal Umi Azizah melepas 32 peserta Kontingen Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Tegal yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Acara pelepasan kontingen yang beserta empat orang pendampingnya ini berlangsung di Pendopo Amangkurat, Kamis (10/08/2023).

Lewat sambutannya, Umi menyampaikan apresiasinya kepada kontingen pramuka Kabupaten Tegal yang telah mempersiapkan diri mengikuti Rainas 2023 ini. Menurutnya, Rainas ini bisa menjadi ajang memperkenalkan budaya dan pariwisata Kabupaten Tegal secara utuh, sekaligus mengembangkan potensi dan jati diri masing-masing sembari menyelami serta mengevaluasi sejauh mana perkembangan gerakan kepramukaan di tingkat nasional.

Pendidikan kepramukaan berperan penting dalam membentuk kepribadian generasi muda agar memiliki daya juang dan daya saing yang tinggi untuk menghadapi tantangan dengan segala tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, maupun global.

Lebih lanjut, Umi berpesan selama mengikuti kegiatan Rainas, kontingen pramukanya bisa mematuhi tata tertib dan adat istiadat yang berlaku, menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan dan nama baik Kabupaten Tegal. Selain itu ia juga berharap bisa menjalin relasi, saling bertukar informasi dan pengalaman tentang kegiatan kepramukaan dengan rekan-rekan lain yang berbeda kontingen.

“Saya harap sekembalinya nanti, kalian yang sudah memiliki tambahan bekal ilmu pengetahuan dan kedisiplinan dapat berbagi dengan anggota pramuka lainnya yang ada disini. Siapkan diri kalian untuk menjadi teladan yang baik, bermental baja, disiplin, menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, terlebih kepada orang tua kita di rumah,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dewan Kerja Cabang Tegal Muhammad Setianto menyampaikan pelaksanaan kegiatan Rainas ini akan berlangsung selama delapan hari, dari tanggal 14–21 Agustus 2023. Di sini peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan bakti seperti rehab rumah tidak layak huni (RTLH), bakti sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan mengikuti kegiatan magang di beberapa perusahaan termasuk BUMN.

Seusai acara pelepasan, dilanjutkan dengan pelantikan anggota pramuka penegak dan pandega. Sebanyak 24 anggota pramuka penegak dan pandega resmi dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, Widodo Joko Mulyono.

Joko mengatakan, pramuka garuda ini merupakan pramuka yang memiliki tingkatan tertinggi di mana mereka sudah menguasai 10 Dasa Darma serta Tri Satya hingga maknanya. “Artinya pramuka garuda ini sudah berkarakter sebagai insan pramuka, berkarakter mulia yang dapat menjadi panutan bagi pemuda,” kata Joko.

Dia berharap penggerak pramuka garuda ini dapat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, kejujuran, serta keadilan. Di mana nantinya generasi inilah yang akan menjadi pemimpin Indonesia yang memiliki nilai unggul dan berintegritas tinggi.

(Kin).