Beranda Daerah Bapas Metro Bimbing 850 Klien Mantan Narapidana

Bapas Metro Bimbing 850 Klien Mantan Narapidana

476
BERBAGI

Metro Lampung ,(Radarnews.id) – Balai Permasyarakatan Kelas II Kota Metro mencatat, sepanjang Januari hingga Agustus 2023 telah menangani 850 Klien pemasyarakatan atau Mantan Narapidana untuk dilakukan bimbingan.

Hal itu diakui Kepala Bapas Kelas II Kota Metro, Sukir bahwa Ratusan Mantan Napi yang ditangani Bapas Metro tersebut berasal dari sejumlah Penjara di Wilayah Kota Metro, Lampung Tengah dan Lampung Timur.

“Sesuai tugas yang diemban oleh Balai Pemasyarakatan terkait peraturan yang berlaku untuk memberikan bimbingan kepada Klien yaitu Mantan Narapidana yang mendapatkan pembebasan bersyarat ataupun asimilasi,” ungkap Sukir Kamis Ka. Napas pada Jum’at (25/8/2023).

Dia menerangkan, sebanyak 850 Mantan Narapidana yang dibimbing tersebut terbagi atas Mantan Narapidana Dewasa Integrasi dan Mantan Narapidana Anak.

“Jadi selama 2023 ini, sejak Januari hingga data hari ini tanggal 25 Agustus 2023, ada 838 Orang Klien dewasa yang dalam bimbingan Bapas Metro ditambah dengan 12 Orang Klien Anak yang dalam bimbingan Bapas Metro. Untuk membedakan Klien Anak dan dewasa adalah, kategori Anak yang belum berusia 18 tahun, begitu 18 tahun dan seterusnya itu masuk kategori dewasa” terangnya.

“Jadi kalau jumlah total adalah 850 Orang Klien yang berada dalam bimbingan Bapas Metro. Diantaranya berasal dari Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur” paparnya.

Selain melakukan pembimbingan terhadap Mantan Warga binaan, Bapas Metro juga melakukan penelitian kemasyarakatan kepada Narapidana yang diusulkan mendapat Pembebasan Bersyarat maupun Cuti Bersyarat.

Terkait tindak pidana ringan yang yang dilakukan Anak dibawah umur yang ancamannya kurang dari 7 tahun, diupayakan itu di versi atau di lakukan perdamaian dengan Korban dan dikembalikan ke Orang tuanya.

(Krisna).