Beranda Hukum & Kriminal Kata Arif,..? Bawaslu Kabupaten Lampung Timur, Diminta Jeli Rekrut Panwascam, Bila Ceroboh...

Kata Arif,..? Bawaslu Kabupaten Lampung Timur, Diminta Jeli Rekrut Panwascam, Bila Ceroboh Berakibat Fatal.

259
BERBAGI

Lampung Timur, (Radar News) –Mantan Pengawas Pemilu yang juga merupakan Aktifis Anti Korupsi Arip Setiawan berharap Bawaslu Lampung Timur harus jeli dalam merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak 2020 di kabupaten Lampung Timur.

Arip mengatakan, pada Rabu (25 Des 2019) di Kantor (LSM GIPAK) ,dalam melakukan perekrutan, Bawaslu Lampung Timur jangan hanya melihat syarat sebagai Panwascam dari segi kecerdasaan intelektual dan emosional saja, tetapi juga syarat spiritual serta pengalaman Itu diperlukan untuk mendukung dalam membangun nilai-nilai integritas sebagai Panwaslu.

“Ketiga hal ini harus jadi pertimbangan Bawaslu Lampung Timur dalam melakukan rekrutmen Panwascam” kata Arip.

Apalagi tambah dia, rekrutmen Panwascam untuk Pilkada Serentak 2020 harus melalui tes kompetensi terlebih dahulu. Baginya hal ini penting guna menentukan kualitas Pilkada Serentak 2020.

Walaupun Bawaslu Lampung Timur sudah memiliki rekam jejak Panwascam pada Pemilu lalu, tetapi tes kompetensi, tudak terlibat unsur dari Partai Politik, karena itu sangat diperlukan untuk menghindari unsur kepentingan,” tegasnya.

Lebih lanjut Arip , mengingatkan jajaran Bawaslu Lampung Timur yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 untuk menunjukkan identitas sebagai pengawas pemilu. Karena dengan dengan identitas tersebut menurutnya bisa memunculkan rasa hormat masyarakat sebagai Panwas.

Arip menambahkan, identitas sebagai seorang Panwas harus dibarengi dengan nilai integritas. Agar publik mengenal dengan baik siapa dan apa saja kerja-kerja Panwas Pemilu.

“Identitas seorang Panwas harus diketahui identitasnya, karena dengan begitu dia tahu gambaran jelas akan dirinya, jadi jangan Sampai Bawaslu Samoai ceroboh dalam merekrut panwascam yang sebentar lagi akan dilantik, karena apabila uni ceroboh / dalam mengawasi para calon panwascam ini berakibat akan patal karena saat ini sebelum nya Bawaslu Lampung sedang dalam sorotan Masyarakat Lampung Timur yang sebelumnya sudah mendapat kan peringatan keras dari DKPP RI, jadi apabila ini terjadi lagi apalagi menyangkut Integritas sebagai penyelenggara / pengawas ini masyarakat tidak akan lagi mempercayai lagi adanya pengawas karena melakukan melakukan lagi kelalaian yang berulang apalagi Integritas yang menyangkut jati diri sebagai seorang Penyelenggara / Pengawas ,” ungkapnya.(red).