Beranda Nasional DPRD Dharmasraya Santuni Korban Kebakaran di Pasar Kota Baru

DPRD Dharmasraya Santuni Korban Kebakaran di Pasar Kota Baru

364
BERBAGI

DHARMASRAYA, (Radarnews.id) -Ketua Fraksi Gerinda, Aandri Saputra bersama Ketua Komisi III DPRD Dharmasraya, kunjungi korban kebakaran yang terjadi Pasar Koto Baru pada Kamis (26/12) sore. Dalam kesempatan itu, para wakil rakyat tersebut menyerahkan sejumlah sembako kepada para korban.

Turut hadir Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto bersama sebagian wakil rakyat lainnya guna memberikan support moral untuk memotivasi korban kebakaran.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Dharmasraya, Aandri Saputra menyebukan bahwa kedatangan ia bersama rombongan wakil rakyat lainnya guna memberikan motivasi bagi korban kebakaran.

“Kita perlu bersyukur, dengan sayangnya Allah swt, akibat musibah ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Walapun kerugian mencapai ditaksir mencapai Rp 1 miliyar lebih, dan kita minta kepada para korban tetap bersabar,” ujar Anggota DPRD dapil III tersebut kepada radarnews.id saat ditemui di Kantornya pada Minggu (5/1)

Aandri bersama rekan-rekan DPRD Dharmasraya dan Fraksi Gerindra mengucapkan rasa duka teramat dalam kepada para korban kebakaran.

“Tentunya ada hikmah dibalik ini semua. Semoga bisa dijadikan pelajaran bagi kita ke depannya untuk lebih hati-hati dan waspada,” himbaunya.

Aandri menghimbau kepada para korban dan seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati baik dalam menggunakan kompor saat memasak perlu juga diperhatikan kondisi kabel listrik.

“Kalau bisa dicek juga instalasi listriknya setiap 3 bulan, untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya

Didampingi Wali Nagari dan kepala Jorong, anggota dewan tersebut melihat kondisi 7 petak ruko warga yang terbakar tersebut, sembari bercengkrama dengan korban dan masyarakat.

Aandri menyebutkan jangan dilihat dari apa yang diserahkan anggota dewan, dan tentunya belum sebanding dengan apa yang sudah habis, namun rasa empati wakil wakil rakyat itulah yang penting saat ini.

Sebelumnya, kebakaran hebat menghanguskan dua petak ruko permanen dan lima petak kedai papan rata dengan tanah akibat di lalap sijago merah pada Senin (23/12) sekira pukul 22.30 wib. Sebanyak 4 unit Damkar dikerahkan ke TKP.

Sementara itu, kepala Jorong Pasar Koto Baru, Mozes mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kehadiran anggota DPRD Dharmasraya.

“Inilah bentuk kepedulian anggota dewan dDharmasraya terhadap korban kebakaran di jorong Pasar Koto Baru,” ujarnya

Katanya, kedatangan rombongan Ketua DPRD Dharmasraya, Ketua Komisi I, II dan III ini sangat membantu bagi korban kebakaran

“Rombongan anggota dewan menyerahkan bantuan sembako kepada pihak korban sebanyak 7 kepala keluarga,” ujarnya

Ia mewakili masyarakat Pasar Koto Baru dan dari pemerintahan nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru mengucapkan terima kasih atas bantuan yang di berikan terhadap warga kami yang terkena musibah kebakaran.

“Dan kami dari pihak pemerintahan wali nagari juga mengusulkan kepada ketua dewan DPRD dan beserta anggota yang hadir dalam rombongan untuk medapatkan satu unit mobil DAMKAR diwilayah nagari Koto Baru karena wilayah luas dan sangat padat pemukiman,” pungkasnya

Berdasarkan informasi dari Damkar Dharmasraya, diduga kebakaran terjadi akibat konsleting listrik yang berasal dari ruko Yusna (65), begitu cepat api membakar sejumlah ruko dan kedai lainnya, yakni ruko milik Mora (39) pedagang Kasur, Riko (23) pedagang gorengan, (penyewa kedai papan), Ayu (39) salon (penyewa kedai papan) dan Syofyan (65) Jualan Pakaian, (pemilik ruko) serta Yusna (65).

Api berhasil dipadamkan dengan 3 unit mobil Damkar Dharmasraya, Pukul 00.30 WIB, peristiwa kebakaran tersebut dengan tidak ada korban jiwa. Namun kerugian material Rp. 1 miliar lebih. (gus).