Beranda Budaya MTQ Tingkat Kabupaten Dibuka Dengan Pawai Ta’aruf

MTQ Tingkat Kabupaten Dibuka Dengan Pawai Ta’aruf

141
BERBAGI

Cianjur, (RadarNews)– Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 45 Tingkat Kabupaten tahun 2020 dibuka dengan acara Pawai Ta’aruf, selasa (28/1).

Pawai tersebut mulai dari SDN Cimurid Desa Ciwalen dan dipusatkan di lapangan Jagaraksa Kecamatan Warungkondang. Ribuan peserta dari 32 kecamatan nampak bergantian melintasi panggung kehormatan yang diisi oleh PLT Bupati Cianjur, serta jajaran pejabat Pemkab dan Muspika Warungkondang.

Peserta dari tingkat SD, SMP, SMK, santri, hingga Pemerintah Kecamatan memamerkan kesenian tradisional. Puluhan siswa SMP dengan kompak memainkan alat musik marching band, semakin menambah semarak suasana.

Pawai Ta’aruf yang menampilkan arsitektur Islami dengan tujuan dalam rangka penegakan agama Islam demi meningkatkan kualitas keimanan, kecintaan dan memahami Al Qur’an untuk di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pawai Ta’aruf berlangsung hingga Pukul 13.00 WIB ini berjalan lancar dan tidak terjadi hambatan. Untuk acara pembukaan MTQ sendiri rencananya akan dilaksanakan Pukul 20.00 WIB yang dipusatkan di lapangan Jagaraksa Kecamatan Warungkondang yang akan dibuka langsung oleh PLT Bupati Cianjur.

Pelaksanaan MTQ kali ini, dimulai dari tanggal 28 hingga 31 mendatang. Dalam MTQ tahun ini ada enam cabang yang akan dilombakan diantaranya, Tilawatil Qur’an, cabang Tafsir Al-Qur’an, Hifzil Qur’an, Tafsir Al-Qur’an dan Kaligrafi Qur’an.

Ketua Panitia lokal MTQ, H.Adi Karyadi mengatakan, MTQ ke 45 tingkat kabupaten ini sudah diawali dengan pelaksanaan pawai ta’aruf,

” insya Allah kita akan usahakan kegiatan ini akan akan meriah sampai selesai, adapun Pawai Ta’aruf pada hari ini allhamdulillah berjalan lancar tanpa ada hambatan, “ujarnya.

Sementara Camat Warungkondang Dra. Hj. Sukmawati menuturkan, pelaksanaan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Cianjur 2020 yang dilaksanakan di Warungkondang diawali dengan pawai taaruf penerimaan kafilah-kafilah dari setiap kecamatan dan berjalan dengan lancar dan sukses.

“ Alhamdulillah kerja keras selama ini panitia lokal, saya bekerjasama dengan orang-orang yang respect terutama masyarakat Warungkondang yang telah berpartisipasi yang benar-benar mencirikhaskan bahwa Warungkondang sebagai kota santri,” tuturnya.

Ia menambahkan, setiap kecamatan semuanya hadir dan rata-rata setiap kecamatan mengirimkan 20-34 kafilah. Sukma berharap, bisa menjadi tuan rumah yang ramah, harmonis dan bisa melayani tamunya dengan segala kemampuan yang ada sebagai tuan rumah.

“ Harapannya boleh-boleh saja Kecamatan Warungkondang keluar sebagai juara umum sebagai kota santri,” harapnya.

Selain itu, Kapolsek Warungkondang Kompol Gito menambahkan, terkait pengamanan pada dasarnya sudah dibentuk dan ditugaskan dari Polres Cianjur sekitar 131 personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan MTQ selama 4 hari ini.

“ Pada hari ini mulai jam 7 pagi kita Polsek Warungkondang dibantu dengan pihak Kecamatan melaksanakan kegiatan pengamanan pawai ta’aruf MTQ yang mana kegiatan ini dilakukan untuk mendukung suksesnya dalam rangka pembukaan MTQ yang akan dilaksanakan nanti malam,” pungkasnya.(Ace).