Beranda Daerah Masyarakat Tiyuh Jaya Murni Merasa Terbantu Adanya Program Pembuatan Sertifikat (PTSL)

Masyarakat Tiyuh Jaya Murni Merasa Terbantu Adanya Program Pembuatan Sertifikat (PTSL)

169
BERBAGI

TulangBawang, (RadarNews) -Masyarakat Tiyuh Jaya Murni, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulangbawang Barat merasa terbantu dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2019 yang kini sudah terbagikan ke masyarakat Tiyuh tersebut.

Ungkapan itu disampaikan beberapa warga pada saat ditemui di rumah kediamannya masing-masing, Minggu (10/2/2020).

“alhamdulillah dengan adanya program PTSL kemarin, kini saya sudah memiliki sertifikat sebagai tanda atas hak tanah yang saya miliki, saya sangat bersyukur tentunya ini sangat membantu,” ucap Seno (45) warga Rk 4 Tiyuh Jaya Murni yang diamini Samin (61) dan Iswat (45) saat ditemui awak media dirumah kediaman.

Hal senada juga disampaikan Kamidi (60) warga Rk 4 Tiyuh setempat yang merasa sangat senang dengan adanya program pembuatan sertifikat yang telah lama di idam-idamkannya.

“dulu sebelum masa kepemimpinan pak Sukatun kami juga pernah ditawarkan untuk membuat sertifikat oleh kepala Tiyuh yang lama, namun sayangnya hingga di akhir masa jabatannya sertifikat tersebut belum juga jadi padahal kami sudah membayar, tapi kini sejak dipimpin pak Katun alhamdulillah keinginan yang telah lama kami idam-idamkan dapat terwujud untuk memiliki sertifikat,” ucap Kamidi.

Teradi (45), Ponari (50) dua Warga lainnya menambahkan, adapun segala bentuk proses dalam pembuatan sertifikat itu murni merupakan inisiatif dan keinginan masyarakat sendiri yang dihimpun melalui musyawarah bersama dan masyarakat sepakat adapun sejumlah biaya yang dikenakan itu merupakan keputusan muswarah masyarakat pembuat tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

“kalau mengenai sejumlah biaya tambahan itu memang murni keinginan kami semua, sebelumnya telah kami laksanakan rapat, dan disitupun kami tidak merasa dipaksa oleh pihak manapun. Karena kami sadar jika membuat secara mandiri mungkin akan jauh lebih besar lagi biayanya,” kata Teradi didampingi Ponari.

Lebih jauh kedua warga ini menambahkan, sejauh ini pihak Tiyuh setempat hanya sekedar mensuport keingin para warga dalam proses pembuatan sertifikat tersebut.

“sejauh ini pihak Tiyuh Jaya Murni hanya mesuport atas keinginan kami selaku masyarakat dan itupun ada berita acara kesepakatan yang telah kami musyawarahkan sebelumnya. Kami berharap kepada pemerintah dan melalui badan pertanahan nasional Kabupaten Tulangbawang Barat agar ditahun ini bisa kembali memberikan program yang sama di Tiyuh kami,” tutupnya.(reja).