Beranda Daerah Seorang Nelayan Asal Malaysia di Temukan Masyarakat Terombang Ambing ditengah Laut

Seorang Nelayan Asal Malaysia di Temukan Masyarakat Terombang Ambing ditengah Laut

143
BERBAGI

Bengkalis, (Radarnews.id) -Ditemukan seorang Nelayan yang di duga asal Negara Malaysia yang terombang ambing di tengah laut dan diselamatkan oleh masyarakat Desa Kembung Baru Kec. Bantan Kab. Bengkalis Prov. Riau*.

A. Pada hari Sabtu pukul 14.00 WIB, telah didapatkan informasi dari Jaring M. Yusuf adanya seorang Nelayan yang di duga asal Negara Malaysia yang terombang ambing di tengah laut dan diselamatkan oleh masyarakat Desa Kembung Baru Kec. Bantan Kab. Bengkalis Prov. Riau pada hari Jumat tanggal 21 Februari Pukul 17.00 WIB, bertempat di Perairan Pantai Desa Pambang Baru. Kec. Bantan. Kab. Bengkalis Priv. Riau.

B. *Adapun identitas Korban sbb:*

1. Nama : Ramli Bin Rashid
2. Umur : 38 tahun.
3. No. KTP : 820107-01-6519
4. Alamat : Kg. Bumputra Dalam Rengit Batu Pahat Johor Malaysia.

C. Keterangan singkat yang disampaikan Nelayan/warga Negara asal Malaysia sbb :

1. Ybs, menyampaikan pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2020 ybs pergi mencari ikan di perairan Malaysia dan saat tiba di tengah laut mesin Engin kapal mengalami kerusakan/mati dan ybs selama 3 hari terombang ambing di laut sehingga sampai ke perairan Indonesia tepatnya di Desa Kembung Baru dan di temukan oleh masyarakat dan dilakukan penolongan.

2. Pihak keluarga ybs mendapat berita dari media online Web.Malaysia Kini bahwa ada nelayan malaysia yang terdampar di perairan Indonesia sehingga pihak keluarga Ramli Bin Rashid menghubungi keluarga di indonesia atas nama Rahmat Heriyanto untuk mencari info dimana keberadaan Ramli Bin Rashid di indonesia sehingga Rahmad Heriyanto mencari informasi ke Pol Airud Polres Bengkalis dan menanyakan informasi nelayan Malaysia yang terdampar dan pihak Polairud Polres Bengkalis memberi tahu bahwa sudah di serahkan kepada pihak Imigrasi dan pihak keluarga korban langsung datang ke Kantor Imigrasi untuk menanyakan keberadaan nelayan malaysia atas nama Ramli Bin Rashid.

D. *Saksi yang menemukan sbb :*

1. Nama : Isa.
2. Umur : 45 Tahun
3. Jenis kelamin : laki-laki.
4. Pekerjaan : Nelayan
5. Alamat : Jl. Sriwijaya Desa Kembung Baru Kec. Bantan Kab. Bengkalis Prov. Riau.

E. *Materil yang dimankan sbb :*

1. Speedboat fiber warna orange.
2. Mesin Yamaha 40 PK.
3. Jaring (kurang lebih) 20 Keping.
4. Rawat (kurang lebih) 300 mata/ kail

F. *Kronologis penemuan sbb :*

1. Pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2020 sekira pukul 17.00 WIB, pada saat saksi Sdr. Isa ingin pergi melaut mencari ikan dan melihat speed boat terombang ambing di tengah laut serta terlihat adanya 1 orang yang sedang berusaha mendayung speed boatnya ketepi pantai, karena saksi curiga melihat ciri-ciri yang ada dengan warna speed boot yang bukan ciri-ciri speed boat fiber produksi Negara Indonesia, kemudian saksi menunggu korban sampai di tepi pantai, sesampainya ditepi pantai kemudian saksi menyelamatkan orang tersebut dan membawa korban kerumahnya.

2. Pukul 18.30 WIB, Sdr. Isa sampai dirumahnya bersama korban yang di duga warga negara asal Malaysia dan langsung menghubungi Kepala Desa Pambang baru Sdr. Edi Zakri untuk meminta menghubungi pihak keamanan.

3. Pukul 19.00 WIB, Kades Pambang baru menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Pambang baru Aipda M. Haris dan Kapospol Sat Polair Polres Bengkalis Desa Kembung Baru Briptu Khairunas selanjutnya pihak Sat Polair Polres Bengkalis, Polsek Bantan, Basarnas dan Pihak Imigrasi Kab. Bengkalis langsung mendatangi rumah Sdr. Isa untuk pemeriksaan secara intensif terhadap korban yang di duga warga negara asal Malaysia.

4. Pada hari Sabtu tanggal 22 Februari 2020 Pukul 02.00 WIB, pihak Imigrasi dan kemanan terkait membawa warga negara asal Malaysia tersebut ke Kantor Imigrasi Bengkalis dan untuk sementara ditahan di kantor Imigrasi Bengkalis untuk penyelidikan lebih lanjut.

G. *Rencana tindak lanjut Sbb:*

1. Korban saat ini berada di Kantor Imigrasi Bengkalis. Jln. Ahmad Yani Kel. Bengkalis Kota Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis Prov. Riau.

2. Penyerahan warga Negara asal Malaysia tersebut di terima oleh pihak Imigrasi Bengkalis dengan identitas sbb :

a. Nama : Johnny Tunggul, A. md. Im, SH, MAP.
b. Agama :Islam
c. Jabatan : Kepala Seksi Intel Dakim Imigrasi Bengkalis.
d. Alamat : Asrama Imigrasi Bengkalis Jl. Hangtuah Kel. Bengkalis Kota Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis Prov. Riau.

*Catatan:*

A. Pihak keluarga Nelayan/warga Negara asal Malaysia atas nama Ramli Bin Rashid ada di Bengkalis dengan identitas sbb :

1. Nama : Rahmat Heriyanto.
2. TTL : Bengkalis, 03- 04- 1995.
3. Jenis kelamin : laki-laki.
4. Agama : Islam.
5. Alamat : Jl. Kelapapati Tengah
RT 001 RW 006 Kel. Kelapapati Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis Prov. Riau.

B. Rahmat Heriyanto mempunyai status hubungan dengan Nelayan/warga Negara asal Malaysia atas nama Ramli Bin Rashid hubungan keluarga dari pihak Kakek.

C. Sampai saat ini pihak keluarga Nelayan/warga Negara asal Malaysia atas Nama Rahmat Heriyanto masih melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi Bengkakis untuk memulangkan ybs ke Negara asal Malaysia.(Efrizal).