Beranda Daerah PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL, DI SIPINSUR HUMBAHAS MOMENTUM DUKUNG PROGRAM PARIWISATA

PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL, DI SIPINSUR HUMBAHAS MOMENTUM DUKUNG PROGRAM PARIWISATA

252
BERBAGI

HUMBAHAS, (Radarnews.id) -Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) untuk tahun 2020 yang diperingati di obyek wisata Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan Propinsi Sumatera Utara, Sabtu (29/02/2020).Hadir dalam acara tersebut dari Direktur Jendral Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong, Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Rosa Vivien Ratnawati, Mewakili Gubernur Sumut dari Kadis Lingkungan Hidup Propinsi Sumut Ir. Binsar Situmorang, Kababes KSDA Sumut, Hotmauli Sianturi,  Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnaho.SE, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Sekdakab Humbahas Dra.Tonny Sihombing.M.Ip, Ketua TP.PKK Humbahas Ny. Banjarnahor Lidia Panjaitan, Walikota/Bupati Se-Kawasan Danau Toba, Para kepala Dinas Kabupaten/Kota Sumut , Forkopinda Humbahas , Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Humbahas.

Sebelum acara dimulai kegiatan diawali dengan aksi bersih bersama seluruh peserta disekitar area sebelum menuju gerbang Sipincur dan juga pelaksanaan penimbangan sampah yang dilaksanakan oleh Dinas Lindup Kabupaten Humbahas dan juga pemberian bingkisan kepada peserta pengumpul sampah terbanyak dan selanjutnya akan dilaksanakan peresmian TPA dan PDU dan penandatanganan prasasti oleh wakil Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bupati Humbahas disaksikan oleh mewakili Gubernur Sumut , Dirjen PSLB3, Dirjen PUPR, Anggota DPRD Humbahas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga tokoh pemuda.

Peringatan HPSN tahun 2020 kali ini, dilaksanakan di 5 (lima) destinasi prioritas yang ada di Indonesia yakni Labuhan Bajo, kawasan Borobudur, kawasan Danau Toba , kawasan Mandalika dan kawasan Likupang dengan mengambil thema Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera.

Dalam hal ini Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Racun Berbahaya Kementerian LHK, Rosa Vivien Ratnawati dalam laporan kegiatannya menyampaikan  bahwa HPSN sengaja dipilih di sekitaran Danau Toba Sumut, yang pelaksanaanya dilaksanakan di Geosite Sipinsur Kabupaten Humbahas Sumatera Utara, sebagai momen demi untuk mendukung program nasional disektor pariwisata destinasi super prioritas di Indonesia.

Kegiatan tersebut diharapkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan khususnya masalah tentang sampah. Peringatan hari peduli sampah Nasional ini diharapkan menjadi moment bagi kita bahwa destinasi wisata tidak akan didatangi wisatawan kalau tidak bersih .Ucapnya .

Bupati Dosmar Banjarnahor dalam sambutanya berharap dengan terlaksananya peringatan HPSN 2020, Menjadi moment bagi kita bersama untuk lebih peduli terhadap sampah dan menjadikan kawasan wisata Danau Toba menjadi kawasan wisata yang bersih , indah dan terbebas dari sampah.

Lebih lanjut Bupati Humbahas mengharapkan agar seluruh masyarakat se-kawasan Danau Toba di Propinsi Sumut agar dapat saling bekerja sama serta berkolaborasi demi untuk memajukan dan menjaga danau toba agar tetap bersih dan terbebas dari sampah serta menjadikan danau toba sebagai tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara sehingga dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat dikawasan danau toba.

Untuk itu seluruh masyarakat kabupaten Humbang Hasundutan , Bupati sendiri menghimbau agar lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan cara mengelola sampah rumah tangga dengan benar dan membiasakan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Ucap Bupati mengakhiri.

Sedangkan wakil Menteri LHK RI, Alue Dohong menyampaikan sambutanya.”Persoalan penting dalam penanganan sampah adalah soal rendahnya tingkat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sampah.

Menurut laporan indeks perilaku ketidakpedulian lingkungan hidup yang diterbitkan BPS tahun 2018 sebesar 72 persen masyarakat Indonesia tidak perduli terhadap sampah , berbagai upaya telah dilakukan pemerintah pusat dalam mengatasi permasalahan tentang sampah  diantaranya telah mengeluarkan peraturan menteri tentang peta jalan dimana dalam peraturan ini mendorong produsen dapat untuk menyusun rencana pengelolaan sampah dan menghasilkan produk ramah lingkungan.Ucapnya.

Acara dihibur oleh artis ibukota”Bams Samson dan Sanga Pajumpa Band serta dirangkai dengan pemberian fasilitas pengolahan sampah seperti roda 3 motor sampah , 40 unit tempat sampah terpilah, 1500 batang bibit pohon, pusat daur ulang dan pusat pengelolaan sampah didalamnya, serta tak lupa penandatanganan prasasti peresmian TPA dan TDU oleh Alue Dohong . (B.N)