Beranda Daerah DPRD Dharmasraya Alokasikan Rp 1 Miliar Untuk Penanganan Covid 19,Pemerintah Daerah Harus...

DPRD Dharmasraya Alokasikan Rp 1 Miliar Untuk Penanganan Covid 19,Pemerintah Daerah Harus Bersinergi dengan DPRD dalam Penanganan Covid-19″

146
BERBAGI

DHARMASRAYA, (RADARNEWS.ID) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya melalui rapat paripurna sepakat memangkas dana perjalanan dinas pimpinan anggota DPRD untuk disumbangkan sebesar Rp1 miliar dan dialokasikan membantu penanganan covid-19. Kesepakatan yang diputuskan melalui Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan pada Senin (30/3) di Gedung Rapat Utama DPRD Dharmasraya.Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Paryanto, dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Benny Ridwan, Adi Gunawan, Ketua Komisi I Purwanto, Komisi II,Ade Sudarman dan Komisi III, Rosandi Sanjaya serta anggota DPRD lainnya.

Ketua DPRD Dharmasraya, Paryanto mengatakan, keputusan itu diambil sebagai salah satu upaya membantu pemerintah dalam menangani wabah covid19 yang melanda seluruh negeri, termasuk Kabupaten Dharmasraya.

“Ini salah satu bentuk sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam menghadapi wabah covid19 yang telah menjadi pendemi global,” jelasnya

Terpisah, Wakil Ketua II DPRD Dharmasraya, Benny Ridwan menjelaskan bahwa alokasi anggaran ini iambil melalui keputusan bersama dalam menangani corona Virus Disease 2019 (covid 2019). Ada dua poin yang kita sepakati bersama.

“Kami pimpinan dan anggota DPRD Dharmasraya sepakat untuk memberikan sumbangan secara pribadi kepada posko-posko penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid 2019) yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Dan kita juga mengalokasikan anggaran kegiatan DPRD kepada Pemerintah Daerah untuk digunakan sebagai upaya penanganan dan penanggulangan covid19 sebesar Rp 1 Miliar secara bertahap,” jelasnya

Dua poin ini katanya, akan kita lakukan secara bertahap, dan segera direlealisasikan. Ia juga menghimbau kepada semua pihak agar bersinergi dan secara bersama-sama melawan covid19. Mulai dari pencegahan hingga bantuan moril dan materil.

“Intinya kita secara bersama-sama, karena dengan kebersamaan ini kita dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” jelas Bendahara DPD PAN Dharmasraya itu.

Sementara itu, Ketua Komisi II, Ade Sudarman menambahkan kesepakatan ini merupakan salah satu langkah jitu untuk membantu pemerintah dan masyarakat. “Sebelumnya dirapat pimpinan DPRD sudah disampaikan dan ini tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya,” ujar Ade Sudarman yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Dharmasraya tersebut.

“Kita ambil hikmah dari covid 19 ini. Ia juga mengimbau masyarakat agar menahan diri dulu untuk tidak keluar rumah, jika tidak ada hal yang penting. “Karena ini menyangkut keselamatan diri sendiri, keluarga serta orang sekitar kita,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua Komisi III DPRD Dharmasraya, Rosandi Sanjaya Putra menegaskan bahwa apa yang diberikan oleh DPRD Dharmasraya merupakan bentuk kepedulian dan pihaknya prihatin serta merasa bertanggungjawab dengan semakin meluasnya penularan virus corona ini.

“Pemerintah daerah harus bersinergi dengan DPRD dalam penanganan Covid-19. Dan DPRD sebagai mitra kerja eksekutif, memiliki kewajiban untuk turut membantu. Anggaran Rp 1 miliar ini berasal dari kegiatan yang tidak dilaksanakan dalam waktu dekat,

Keputusan tersebut katanya, bisa diterima oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya yang dalam hal ini diwakili oleh fraksi yang ada.

“Yang pasti pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi serta seluruh anggota DPRD sudah setuju menjadi kesepakatan bersama. Dan ini untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Dharmasraya,” jelasnya

Apalagi saat ini sebut, Rosandi, Pemerintah Pusat sudah menetapkan kondisi tanggap darurat terkait wabah virus corona yang sudah menelan puluhan korban jiwa dan ratusan orang dinyatakan positif. Kemudian Presiden RI juga sudah mengeluarkan inpres nomor 4 tahun 2020 terkait alokasi anggaran penanganan virus corona.

“Dengan telah keluarnya Inpres Nomor 4 tahun 2020 terkait alokasi anggaran penanganan Virus Corona, kita tunggu Pemda bergerak cepat dan aktif. Sehingga kita bersama bisa mengkaji dan membahas lebih jauh terkait anggaran,” tegas Anggota Fraksi Gerindra Tersebut.

Ia berharap, kita semua dapat menghadapi covid19 ini dengan tenang dan tidak panik. Semoga kita semua dapat terhindar dari wabah covid19 yang telah menjadi pendemi global ini.

“Semoga Allah swt melindungi kita semua, dan bagi keluarga yang dalam proses penanganan medis agar diberikan kekuatan dan kesembuhan,” pungkasnya (Ard).