Beranda Daerah Polres Tulang Bawang Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Krakatau 2020,...

Polres Tulang Bawang Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Krakatau 2020, Operasi Ini Berbeda Dari Biasanya

269
BERBAGI

Tulang Bawang, (RADARNEWS.ID) -Kepolisian Resor (Polres) Tulang Bawang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral, hari Kamis (23/04/2020), sekira pukul 10.40 WIB, bertempat di gedung serba guna (GSG) Wira Satya Mapolres setempat.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK yang memimpin langsung rakor tersebut mengatakan, dalam waktu dekat ini akan berlangsung Operasi Kepolisian Terpusat dari Mabes Polri dengan sandi Operasi Ketupat Krakatau 2020.

“Pada pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2020 tahun ini, semua kegiatannya berbeda dengan tahun kemarin karena adanya pendemi virus corona (covid-19). Untuk itu sangat diperlukan adanya sinergitas dari instansi terkait dalam pelaksanaannya,” ujar AKBP Andy.

Lanjutnya, pada tahun-tahun sebelumnya Operasi Ketupat Krakatau hanya berlangsung selama 14 hari yaitu seminggu menjelang dan seminggu sesudah hari Raya Idul Fitri. Namun untuk tahun ini, Operasi Ketupat Krakatau akan berlangsung selama 37 hari.

Biasanya pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik, tetapi pada pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2020 kali ini yang dilakukan sebaliknya yaitu untuk mencegah para pemudik pulang kampung guna mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

“Rencananya Polres akan mendirikan dua pos check point selama berlangsungnya Operasi Ketupat Krakatau 2020, yaitu pos simpang lapas dan pos simpang penawar. Tiap-tiap pos tersebut akan diisi oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Sat Pol PP, Dinkes, Senkom, Rapi dan BPBD,” terang AKBP Andy.

Jadi yang melaksanakan Operasi Ketupat Krakatau 2020 kali ini, bukan hanya Polri saja tetapi seluruh stakeholder sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah yang melarang warga untuk mudik merayakan hari Idul Fitri 1441 H di kampung halaman.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kapolres, Dandim 0426 Letkol Inf Kohir, Asisten II Pemda Tulang Bawang, PJU Polres, Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Perwakilian dari Dinas Perhubungan, Perwakilan dari Sat Pol PP, Perwakilan Rapi, Perwakilan Senkom, Perwakilan Pokdar Kamtibmas dan Perwakilan Pengurus SPBU.(Rach/Rz).