Beranda Daerah BAZNAS Pesawaran Mendapat Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Setelah di Audit...

BAZNAS Pesawaran Mendapat Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Setelah di Audit Pengelolaan Keuangan tahun 2020

61
BERBAGI

Pesawaran, (Radar News.Id) : Audit Pengelolaan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran tahun 2020 rampung dilakukan dan mendapat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa prosesi audit dilaksanakan oleh auditor independen dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Weddie Andriyanto dan Muhaemin, Bandar Lampung dengan memeriksa laporan keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 dan 2019.

“BAZNAS Kabupaten Pesawaran di audit secara menyeluruh pada setiap penggunaan dana yang diterima dan dikelola, mereka sangat jeli dan detail memeriksa satu persatu kegiatan yang kami lakukan,” kata dia, Rabu (03/03/2021).

“Kalau di tahun 2019, kami masih di audit secara manual, Alkhamdilillah saat ini kami telah mampu diaudit melalui aplikasi SIMBA (Sistem Informasi Menejemen Baznas) yang tersentralisasi secara nasional,” ucapnya.

Penerimaan penghargaan opini WTP diperoleh, setelah proses Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) disampaikan dan tidak terlepas dari semangatnya para pengurus BAZNAS Kabupaten Pesawaran dalam mengemban amanah yang diterimanya.

“Kami selaku pengurus selalu meminta arahan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, agar dalam pengumpulan dana serta pemberian santunan bisa kena dan tepat sasaran. Karena beliau sebagai kepala daerah, nah BAZNAS harus dapat bersinergi guna membantu membangun dan mensejahterakan masyarakat,” tutur dia.

Ia juga menerangkan, proses audit dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Kantor Akuntan Publik Weddy Andriyanto dan Muhaemin dengan BAZNAS.

“Kemudian,setelah MoU mereka langsung melakukan pemeriksaan cash opname atau penghitungan fisik kas uang yang dimiliki BAZNAS Kabupaten Pesawaran. Lalu, mereka juga mengaudit fisik bangunan serta santunan lainnya yang diterima dilapangan. Semua aktifitas menejemen BAZNAS diperiksa secara detail,” terang dia.

Hari Kamis tanggal 25 Februari 2021 BAZNAS Kabupaten Pesawaran Menerima LHPnya dan langsung diterima Ketua BAZNAS Abdul Hamid bersama jajarannya dengan disaksikan Kabag Sosial Kabupaten Pesawaran Razak.

“Alkhamdulillah, Opini WTP diterima BAZNAS Kabupaten Pesawaran. Kami menerima WTP ini dua kali berturut-turut, artinya penyerapan dan pengelolaan menejemen BAZNAS benar-benar teruji dengan baik. Mudah-mudahan akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat Bumi Andan Jejama untuk berzakat, berinfak, bersodaqoh dan beramal jariyah,” tegas dia.

Perlu diketahui, BAZNAS Kabupaten Pesawaran juga telah mensosialisasikan pada desa-desa agar pemerintah desanya dapat aktif bergabung. Satu persatu, beberapa pemerintah desa juga telah mendukung aktif kegiatan yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Pesawaran.

Dapat dikalkulasikan secara bersama-sama, manakala seluruh amal,zakat,infak dan sodaqoh dari 148 desa yang ada ditunaikan melalui BAZNAS maka pengentasan persoalan ekonomi lebih cepat teratasi.

“Kalau semua desa aktif dan mendukung, maka lebih cepat masyarakat yang kurang mampu terentaskan dari faktor ekonomi. BAZNAS bisa memberikan santunan sesuai kebutuhan, diantaranya bedah rumah, santunan pendidikan, kesehatan, orang yang tertimpa musibah dan santunan lain yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang masuk dalam kategori asnaf yang telah di tetapkan,” imbuhnya.

Rencananya, tahun ini BAZNAS Kabupaten Pesawaran akan di akreditasi oleh Kementerian Agama RI, karenanya segala sesuatu yang berkaitan dengan persyararan tersebut terus dipersiapkan oleh pengurusnya.

Hasil audit syariah pun, BAZNAS Pesawaran memperoleh opini SESUAI SYARIAH, jadi bukan hanya sisi keuangan saja yang memperoleh penilaian bagus, tetapi dari segi syariah juga sesuai dengan syariah,” pungkas nya.

(Ind-Amr).