Beranda Daerah Lapas Metro Usulkan 424 Napi Dapat Remisi

Lapas Metro Usulkan 424 Napi Dapat Remisi

153
BERBAGI

Metro- Lampung, (Radarnews.id-) Menjelang peringatan HUT Republik Indonesia ke 76, sebanyak 424 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kota Metro diusulkan mendapat remisi.

Kepala Lapas kelas IIA Kota Metro Muhammad Mulyana dikutip dari pemberitaan Kupas Tuntas menjelaskan, ratusan Napi yang diusulkan memperoleh remisi kemerdekaan Republik Indonesia tersebut ialah yang berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman.

“Remisi pasti ada untuk Narapidana yang memenuhi syarat di setiap hari kemerdekaan RI. Syaratnya, tentu sekurang-kurangnya yang bersangkutan harus telah menjalani pidananya selama 6 bulan, dan berprilaku baik.

Mereka yang telah memenuhi syarat itu kita usulkan secara online melalui aplikasi sistem data database ke pusat dan persetujuan untuk memperoleh remisi bagi Narapidana yang bersangkutan,”
Ungkapnya, Jum’at (6/8/2021).

Ia mengakui, dari total 637 warga binaan hanya 424 orang saja yang mendapat usulan remisi. Remisi pengurangan masa tahanan yang bakal diterima pun bervariasi.

“Dari total 637 napi di Lapas Metro, dan yang kita usulkan untuk mendapatkan remisi berjumlah 424 Napi. Itu terdiri dari remisi 6 bulan 1 orang, 5 bulan 34 orang, 4 bulan 34 orang, 3 bulan 20 orang, 2 bulan 1 orang, itu yang mendapatkan remisi umum dalam perkara Narkotika. Sebagaimana di atur di dalam Peraturan Pemrintah nomor 99 tahun 2012,” bebernya.

Sementara, di luar itu kasus narkotika terdapat 323 narapidana yang diusulkan mendapat remisi. Narapidana tersebut terdiri atas kasus pidana umum. “Sementara untuk yang di luar itu berjumlah 323 orang, dengan rincian 1 bulan 54 orang, 2 bulan 62 orang, 3 bulan 106 orang, 4 bulan 37 orang, 5 bulan 58 orang, dan 6 bulan 6 orang,” ungkapnya.

Kalapas juga menyampaikan bahwa pihaknya siap menyambut HUT RI ke 76 meskipun harus dengan daring lantaran vandemi yang juga belum terlihat akan berhenti. “Untuk hari perayaan, seperti biasanya menyambut HUT RI ke-76 di Lapas Metro, di tengah vandemi ini dilakukan secara daring, dan dengan Prokes yang disiplin,” ujarnya.

Meski dalam situasi vandemi, pihaknya juga akan menggelar rangkaian perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI ke 76 di dalam lapas, tentunya dengan Prokes ketat. “Namun, rangkaian acara ini sebagai upaya untuk memeriahkan HUT RI ini untuk Narapidana khususnya, M Mulyana mengakui bahwa Pihaknya akan mengadakan lomba-lomba sebagaimana biasanya. Namun khusus untuk Narapidana yang aman dari paparan covid-19 ini,” pungkasnya.

(Krisna)