Beranda Daerah Bupati Umi Berikan Uang Pembinaan dan Sepatu Olahraga kepada Atlet Peraih Medali...

Bupati Umi Berikan Uang Pembinaan dan Sepatu Olahraga kepada Atlet Peraih Medali Porprov Jateng

432
BERBAGI

Slawi, (radarnews.id) – Bupati Tegal Umi Azizah memberikan uang pembinaan dan sepatu olahraga kepada atlet yang berhasil meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah Tahun 2023. Penyerahan bonus tersebut dilaksanakan saat Malam Resepsi Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pendopo Amangkurat, Kamis (17/08/2023).

Di sini, Bupati Umi memberikan bonus uang pembinaan kepada 13 orang atlet yang telah berhasil meraih prestasi di ajang lima tahunan tahunan tersebut. Mereka yang meraih medali emas mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp30 juta, medali perak Rp 20 juta dan medali perunggu Rp10 juta. Selain itu, Bupati Umi juga menambahkan bonus berupa sepatu olahraga dari PT Leea Footwear Indonesia.

Adapun cabang olahraga yang berhasil meraih medali di Porprov 2023 ini antara lain basket putra dengan meraih satu medali emas dan judo yang meraih satu medali perak. Sedangkan perunggu sebanyak delapan medali diraih oleh atlet bulutangkis, tinju, atletik, dan kempo.

Terkait itu, Umi pun menyampaikan apresiasi atas prestasi medali yang telah berhasil diraih para atlet Kabupaten Tegal. Meski demikian, melihat capaian secara umum yang dinilainya kurang menggembirakan, Umi meminta adanya evaluasi menyeluruh terkait pembinaan cabang olahraga prestasi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tegal.

Menurutnya, alokasi tahunan APBD Kabupaten Tegal untuk mendanai kegiatan olahraga ini tidak sedikit jika memperhitungkan pembangunan sarana olahraga di tingkat desa melalui skema bantuan keuangan desa yang nilainya lebih dari Rp3,7 miliar. Sehingga pihaknya pun merasa perlu mengkaji kembali korelasi dan efektifitas pendanaan ke desa tersebut dalam mencetak bibit unggul dan membina atlet berbakat supaya lebih berprestasi di jalur profesional.

“Jikalau hasil evaluasi kegiatannya nanti memang perlu reorientasi sasaran ya kita orientasikan ulang. Kalau memang anggarannya perlu ditambah seperti untuk revitalisasi dan pembangunan sport center Trisanja ya kita alokasikan dari APBD, sangat sulit kalau mengharapkan APBN. Saat ini alokasi anggaran untuk pembinaan atletnya saja Rp500 juta. Pastinya ini kurang dan tidak menarik bagi atlet, sehingga berpeluang mereka berpindah ke daerah lain,” ujarnya.

Pihaknya pun menargetkan pembinaan atlet yang lebih profesional dengan ditunjang sarana prasarana olahraga yang memadai sebagai prioritasnya. Sehingga dari sini, Umi menargetkan ada peningkatan prestasi di ajang Porprov ke depan, minimal masuk 10 besar.

Dalam kesempatan yang sama, Umi juga memberikan piagam penghargaan kepada peserta kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah asal Kabupaten Tegal yang telah meraih peringkat pertama Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional IX Tahun 2023 yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada tanggal 2-10 Juli 2023 lalu.

Ketiga peserta kontingen tersebut antara lain Hasna Fikriya Rosyada tingkat PMR Mula dari SD Muhammadiyah Slawi dan PMR Wira dari SMA Negeri 1 Slawi Dinda Putri Viaky N. Selain itu juga ada fasilitator kontingen PMR Jateng dari PMI Kabupaten Tegal yang mendapatkan penghargaan, yaitu Thamalia Haristini.

Terakhir, Bupati Umi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal KRT Sugono Adinagoro menyerahkan piagam penghargaan kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tegal dan pelatih Paskibraka Kabupaten Tegal tahun 2023.

(Kin).