Beranda Daerah Komisi III DPRD Dharmasraya, Cecar Pihak RSUD terkait Persoalan Pelayanan Kepada Pasien.

Komisi III DPRD Dharmasraya, Cecar Pihak RSUD terkait Persoalan Pelayanan Kepada Pasien.

193
BERBAGI

DHARMASRAYA, (RadarNews) –Komisi III DPRD Dharmasraya mencecar pihak RSUD Sungai Dareh dengan puluhan pertanyaan terkait keluhan dan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan dan minimnya fasilitas RSUD Sungai Dareh pada Kamis (6/2) di Aula pertemuan RSUD Sungai Dareh.

Ketua Komisi III DPRD Dharmasraya, Rosandi Sanjaya Putra didampingi empat orang anggota yakninya Suparman (PKS) Ferryko Effendi (Golkar), Rafen Awaluddin (PAN) dan Rogi Alias Can (PDI-P) tersebut, disambut langsung oleh Direktur RSUD Sungai Dareh, drg. Chusnul Chotimah Subekti dan sejumlah staf RSUD Sungai Dareh.

Dalam kesempatan itu, pihak komisi III DPRD Dharmasraya meminta penjelasan terkait persoalan yang menimpa keluarga pasien beberapa waktu lalu, khususnya kasus lukanya bayi saat melahirkan secara normal dan keluhan masyarakat terkait buruknya pelayanan di RSUD Sungai Dareh.

“Kita meminta penjelasan terkait adanya dugaan kelalaian pihak rumah sakit dalam menangani pasien saat persalinan, yang menyebabkan robeknya kepala bayi saat ibunya melahirkan secara normal terkena benda tajam alat medis,” ujar Ketua Komisi III DPRD Dharmasraya Rosandi Sanjaya Putra saat kunjungan kerja ke RSUD Sungai Dareh pada Kamks (6/2)

Katanya, pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa buruknya pelayanan di RSUD Sungai Dareh sudah sangat banyak disampaikan masyarakat kepada pihak DPRD. Mulai dari tak adanya kamar mayat, seringnya kehilangan kendaraan sepeda motor, tak adanya persediaan darah dan persoalan-persoalan lainnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III, Rogi Alias Can juga mempertanyakan persoalan pasien rawat inap yang katanya dipulangkan setelah dirawat selama empat hari, dan oasien diminta untuk rujuk kembali satu pekan kemudian.
“Masyarakat menyampaikan kepada kami bahwasannya pasien BPJS hanya boleh dirawat selama empat hari, mohon penjelasan dari pihak RSUD,” Tegas Anggota Komisi III, Rogi Alias Can.

Sementara itu, Anggota Komisi III, Ferryko Effendi mempertanyakan perihal kamar mayat yang ada di RSUD Sungai Dareh.

“Kita ingin kejelasan tentang kamar mayat di RSUD, katanya RSUD tidak memiliki kamar mayat sehingga hal ini dikeluhkan oleh pasien dan keluarganya,” ujar Ferryko Effendi.

Katanya, adanya peristiwa penemuan mayat yang dirujuk ke RSUD sempat mengganggu kenyamanan pasien dan keluarga pasien, bahkan sampai membuat keluaga pasien muntah-muntah akibat bau busuk dari mayat yang berada di salah satu kamar di IGD RSUD Sungai Dareh.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III, Suparman meminta agar pihak RSUD Sungai Dareh bekerja dengan profesional sesuai tupoksinya masing-masing dalam melayani dan mengobati pasien.

“Kita tekankan agar tetap memberikan yang terbaik kepada pasien, dan pihak RSUD harus bertanggung jawab menyelesaikan semua persoalan yang telah disampaikan tadi,” ujarnya

Ia berharap ke depan tidak ada lagi kejadian atau hal-hal yang tidak kita inginkan bersama di rumah sakit tersebut.

Sementara itu, menanggapi pertanyaan dari pihak Komisi III DPRD Dharmasraya, Direktur RSUD Sungai Dareh drg. Chusnul Chotimah Subekti bersama beberapa orang staf pihak rumah sakit menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pelayanan sesuai dengan SOP RSUD.

Terkait kejadian robeknya kepala bayi saat proses persalinan normal beberapa waktu lalu. Pihaknya menyebutkan hal ini terjadi dikarenakan ibu yang melahirkan tidak tahan sakit sehingga mehentak-hentak. Akibatnya kepala bayi terkena benda tajam medis.

“Kita telah lakukan pengobatan kepada pasien dan padien pun telah kontrol ke RSUD,” jelasnya

Katanya, hari ini pihak RSUD juga melakukan kunjungan ke rumah pasien untuk melihat sejauh mana perkembangan kondisi pasien.

“Meskipun demikian kedepannya kami tidak akan menginginkan lagi kejadian seperti itu akan terjadi lagi dan kami akan introfeksi diri lagi dalam bekerja,” ujar direktur

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan masukan dari anggota komisi III DPRD Dharmasraya yang telah berkunjung ke RSUD Dharmasraya.

“Terima kasih atas kunjungan bapak dewan, dan semua masukan dan permintaan akan kami lakuka. dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya (Ard).