Beranda Daerah Minimnya Anggaran dan Truk Pengangkut Jadi Pemicu Masalah Sampah di Tubaba

Minimnya Anggaran dan Truk Pengangkut Jadi Pemicu Masalah Sampah di Tubaba

125
BERBAGI

PANARAGAN, (RADARNEWS.ID)-Minimnya anggaran dan Jumlah armada pengangkut sampah yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, masih jauh dari angka ideal, Permasalahan sampah pun bakal terus terjadi dalam waktu yang lama.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala DLH Tubaba Amrullah, saat dikonfirmasi Radarnews.id diruang kerjanya pada Senin (27/7/2020) pukul 11.20 Wib. Bahwa pihaknya telah mengajukan penambahan armada pengangkut sampah. Akan tetapi, penambahannya hanya dapat dilakukan sedikit demi sedikit, karena harus disesuaikan dengan keuangan daerah.

“Setiap tahun pun kami selalu mengusulkan keperluan apa saja guna menangani Sampah dengan baik, diantaranya, Alat Pemilah Sampah, Truk Arm Roll, Kontainer Sampah, Gerobak Sampah, dan Tempat Sampah untuk di titik-titik lokasi tertentu,” terangnya.

Kemudian, lanjut nya, kita hanya memiliki armada 2 unit mobil truk, dan kondisinya pun sudah mulai lapuk. Adapun jumlah petugas kita keseluruhan ada 60 orang, dan untuk saat ini kita hanya bisa menangani Sampah di 3 Kecamatan khususnya Pasar Kabupaten,” ungkapnya

Selain itu, jelas dia, pihaknya juga tengah berupaya menganggarkan pembuatan dan aplikasi cairan Q-Mol guna mempercepat proses pengomposan Sampah di TPA Penumangan dan TPS Pasar.

“Untuk mewujudkan itu, pastinya kita memerlukan biaya, saya berharap ini juga akan menjadi perhatian, guna memaksimalkan pengelolaan Sampah agar lingkungan bisa bersih dan sehat,” imbuhnya. (R).