Beranda Daerah Sipir Penggagal Penyelundupan Ganja Ke LapasKelas II A Metro Terima Apresiasi Dari...

Sipir Penggagal Penyelundupan Ganja Ke LapasKelas II A Metro Terima Apresiasi Dari Kemenkumham Lampung

338
BERBAGI

Metro, Lampung (radarnews.id)-Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga sipir wanita yang bertugas Lapas Kelas IIA Kota Metro, Jumat (3/9/2021) kemarin. Meski sebenarnya meurut kadivpas itu, pengharagaan sudah lama akan diberikan, namun wabah covid 19 lah yang menjadi penghalang.

Diberikannya aprsiasi oleh kepala divisi pemasyarakatan kemenkumham Propinsi Lampung tersebut berkat kerja keras serta kedisiplinan Mereka dalam memantau setiap barang yang masuk ke dalam lapas beberapa waktu lalu, ketiganya adalah Afridayana, Yuliana dan Aliyah, meski tal seberapa kalau diniali dengan Rupiah, akan tetapi adanya perhatian dari Pimpinan merupakan sesuatu yang sesial.
Ketiga pegawai Lapas Metro tersebut memperoleh penghargaan atas kinerjanya menditeksi dini hal hal yang mencurigakan bagi Petugas, hingga dapat menggagalkan percobaan penyelundupan narkoba jenis ganja ke dalam penjara. Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Muhammad Mulyana menjelaskan, tiga petugas wanita yang mendapat apresiasi Kadivpas itu ialah Afridayana, Yuliana dan Aliyah.
“Kami terus berupaya menekan peredaran narkoba di dalam Lapas, seperti beberapa waktu lalu juga telah menggagalkan penyelundupan ganja di dalam makanan yang akan dikirim ke pemesannya di dalam Lapas,” disela sela kegiatan pembinaan oleh Kadivpas kemenkumham tersebut, tegas M mulyana. Mulyana juga menyebutkan,lebih dari 50 persen dari total narapidana yang menjadi Penghuni di Lapas kelas II A Metro tersandung kasus penyalahgunaan narkoba.
“Total semuanya ada 600 lebih warga binaan Lapas Metro. Dimana 50 persennya diisi oleh Napi narkoba dan 50 persen lainnya merupakan tahanan kasus kriminal umum. Saya menghimbau kepada seluruh warga Lapas Metro jika bebas nanti tak lagi mengulangi kelakuan seperti perbuatan di masa lalu,” jelasnya.
Sementara, Kadivpas Kemenkumham Lampung, Farid Djunaidi mengapresiasi tiga sipir wanita tersebut dengan memberikan penghargaan.”Saya sangat apresiasi atas keberhasilan tiga petugas yang tidak kalah pintar dengan Narapidana. Tiga Pegawai Lapas Metro ini sudah berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan narkoba jenis ganja ke dalam penjara,” ujarnya.
Dirinya meminta petugas Lapas Metro khususnya dibagian penjagaan untuk selalu siaga dan teliti dalam melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung dan barang bawaannya.
“Saya mengingatkan kepada seluruh regu pengaman untuk selalu kompak, karena semua adalah satu, ada salah satu diantaranya yang sakit, maka semua harus merasakan hal yang sama,” tandas Farid Djunaidi. Dari pantaua Radarnews.id- Kunjungan kerja Kadivpas ke Metro guna meninjau kinerja pertugas sekaligus memberikan arahan kepada pegawai Lapas Kelas IIA Kota Metro.
Diketahui, sebelumnya Lapas kelas IIA Kota Metro pada Sabtu 26 Juni 2021 lalu berhasil mengamankan Pelakunya ialah berinisial NFH (19) yang mencoba memasukan ganja tersebut dengan modus menyembunyikan ke dalam makanan yang akan dikirimkan ke seorang narapidana Lapas setempat berinisial EF (21).
Sementara EF sendiri diketahui merupakan Napi dengan kasus penyalahgunaan Narkoba yang menghuni Hukuman di Lapas Metro beberapa waktu lalu.

(Krisna)